𝐊𝐚𝐣𝐢 𝐓𝐞𝐫𝐚𝐩 𝐊𝐞 𝐃𝐢𝐧𝐚𝐬 𝐊𝐞𝐬𝐞𝐡a𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐚𝐛𝐮𝐩𝐚𝐭𝐞𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐩𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐓𝐞𝐫𝐤𝐚𝐢𝐭 𝐏𝐞𝐫𝐣𝐚𝐧𝐣𝐢𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐦𝐩𝐞𝐭𝐞𝐧𝐬𝐢 𝐃𝐨𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐔𝐦𝐮𝐦 𝐊𝐞 𝐃𝐨𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐩𝐞𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬 𝐝𝐢 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐚𝐣𝐚𝐡 𝐌𝐚𝐝𝐚 𝐘𝐨𝐠𝐲𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 𝐝𝐢 𝐃𝐢𝐧𝐚𝐬 𝐊𝐞𝐬𝐞𝐡𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤

April 6, 20231

DINKESKB, KAYONG UTARA – Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan

Sesuai dengan program kementrian kesehatan yang menginisiasi transformasi kesehatan enam pilar yang merupakan program prioritas menteri keseharan dalam pilar kelima yaitu transformasi SDM kesehatan kementrian kesehatan fokus menambah jumlah dokter spesialis dan sub spesialis dan dokter gigi dikarenakan belum meratakan dokter spesialis di Indonesia.
Kabupaten Kayong Utara Merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai komitmen yang kuat dalam bidang kesehatan yang ditandai dengan visi pemerintah kabupaten kayong utara pelayanan kesehatan gratis secara semesta.
Untuk mendukung pelayanan tersebut saat ini di Kabupaten Kayong Utara telah berdiri rumah sakit umum daerah sultan Muhammad jamaludin 1 dengan tipe C yang mana dengan tipe tersebut minimal mempunyai spesialis dasar secara lengkap.
Saat ini RSUD SMJ 1 memang mempunyai Dokter Spesialis akan tetapi dokter-dokter spesialis tersebut diambil dari luar sehingga setiap tahun mesti dilakukan pencarian dokter spesialis untuk menggantikan dokter sebelumnya.
Atas dasar tersebut dipandang perlu meningkatkan atau menyekolakan dokter umum asli putra daerah kabupaten kayong utara baik yang berstatus ASN maupun yang belum ASN untuk dilakukan peningkatan kompetensinya menjadi dokter spesialis mengingat ada sekitar 37 orang dokter umum yang merupakan jebolan dari pembiayaan pemerintah daerah yang telah kembali ke kabupaten kayong utara yang tersebar di rumah sakit dan puskesmas.
Hal ini juga tidak menutup kemungkinan dokter yang berasal dari kabupaten lain untuk disekolakan menjadi dokter spesialis asalkan bersedia mengikuti aturan yang ada di kabupaten kayong utara berupa ikatan dinas.
Selain hal tersebut pemerintah kabupaten kayong utara setiap tahun menyiapkan anggaran bagi dokter umum yang akan sekolah ke dokter spesialis akan tetapi setiap tahun anggaran tersebut tidak bisa di gunakan karena tidak adanya dokter umum yang lulus ke dokter spesialis.
Berdasarkan hal tersebut didapatkan informasi bahwa kebupaten mempawah merupakan kabupaten yang berhasil menyekolakan dokter umum ke dokter spesialis dan dilakukan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sehingga mendorong Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara berdasarkan instruksi Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara untuk melakukan kaji banding Ke Kabupaten Mempawah. Tujuan mendapatkan gambaran dan mekanisme Kabupaten Mempawah melakukan perjanjian kerjasama dokter spesialis dengan Universitas Gadja Mada Yogyakarta
Plt.Kadinkes dan KB Iwan Dwi Purnomo Mengatakan bahwa pembelajaran di Kabupaten Mempawah merupakan terobosan penting mengingat apa yang dilakukan mempawah sangat baik dan berhasil bahkan lulusan yang dihasilkan terdapat beberapa dengan hasil Cumlaude semoga hal ini menjadi pemacu kawan-kawan dokter umum di kabupaten kayong utara.
Lebih lanjut lagi Plt.Kadinkes dan KB Mengatakan apa yang kami lakukan di mempawah kami mendapatkan gambaran secara utuh tentang mekanisme dan alurnya dan saya yakin hal pasti juga bisa dilakukan pemerintah kabupaten kayong utara karena informasi yang kami dapatkan langsung dari pelaku-pelaku yang mengerjakan proyek kerjasama ini.

One comment

  • ZAP

    November 15, 2023 at 3:41 am

    Zaproxy dolore alias impedit expedita quisquam.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

previous
𝐊𝐚𝐣𝐢 𝐓𝐞𝐫𝐚𝐩 𝐊𝐞 𝐃𝐢𝐧𝐚𝐬 𝐊𝐞𝐬𝐞𝐡a𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐊𝐚𝐛𝐮𝐩𝐚𝐭𝐞𝐧 𝐌𝐞𝐦𝐩𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐓𝐞𝐫𝐤𝐚𝐢𝐭 𝐏𝐞𝐫𝐣𝐚𝐧𝐣𝐢𝐚𝐧 𝐊𝐞𝐫𝐣𝐚𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐢𝐧𝐠𝐤𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐦𝐩𝐞𝐭𝐞𝐧𝐬𝐢 𝐃𝐨𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐔𝐦𝐮𝐦 𝐊𝐞 𝐃𝐨𝐤𝐭𝐞𝐫 𝐒𝐩𝐞𝐬𝐢𝐚𝐥𝐢𝐬 𝐝𝐢 𝐔𝐧𝐢𝐯𝐞𝐫𝐬𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐚𝐣𝐚𝐡 𝐌𝐚𝐝𝐚 𝐘𝐨𝐠𝐲𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 𝐝𝐢 𝐃𝐢𝐧𝐚𝐬 𝐊𝐞𝐬𝐞𝐡𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐠𝐞𝐧𝐝𝐚𝐥𝐢𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐧𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤
next
𝐏𝐄𝐌𝐁𝐈𝐍𝐀𝐀𝐍 𝐃𝐀𝐍 𝐏𝐄𝐍𝐆𝐀𝐖𝐀𝐒𝐀𝐍 𝐏𝐀𝐍𝐆𝐀𝐍 𝐓𝐀𝐊𝐉𝐈𝐋 𝐑𝐀𝐌𝐀𝐃𝐇𝐀𝐍 𝟏𝟒𝟒𝟒 𝐇/ 𝟐𝟎𝟐𝟑